Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

By | May 1, 2017
Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami – Rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan bila dibiarkan secara terus-menerus. Namun, bagaimana bila kebotakan itu telah terjadi? Bagaimana cara alami menumbuhkan rambut?

Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami
1. Urang-aring

Urang-aring merupakan tanaman yang seringkali digunakan sebagai bahan penyubur rambut. Cara penggunnya, tumbuk halus atau haluskan dengan blender 1 ikat kecil daun urang-aring. Setelah itu, oles urang-aring yang telah ditumbuk halus ke kulit kepala. Biarkan kurang lebih selama 10 menit. Selanjutnya, cuci hingga bersih lalu keramas seperti biasanya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang telah dikenal mengandung khasiat untuk rambut. Cara penggunaannya, satu batang lidah buaya dipatahkan lalu oles patahan lidah buaya ke kepala, baik pada bagian yang dengan rambut yang jarang/botak maupun yang ada rambutnya. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama setengah jam seraya memijat kulit kepala dengan perlahan. Hal ini bertujuan untuk meratakan lendir lidah buaya pada kulit kepala. Selanjutnya, bilas hingga bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Kemiri

Kermiri kerap dipakai sebagai bumbu dapur. Ternyata bahan ini mengandung khasiat untuk rambut, yaitu membantu menumbuhkn dan melebatkan rambut. Hal ini karena kandungan vitamin B dan minyak pada kemiri. Cara pemanfaatannya, 20 buah kemiri ditumbuk halus lalu dicampur dengan air + 100 cc. Rebus kemiri hingga muncul minyak kemirinya. Setelah itu, diamkan hingga dingin. Oleskan minyak kemiri pada bagian bagian yang botak sampai yang ditumbuhi rambut. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

Selain penanganan dari luar, perlu juga penanganan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung zat gizi penting untuk pertumbuhan rambut.

1. Protein

Keratin merupakan bahan penyusun rambut. Keratin merupakan salah satu jenis protein. Fungsi protein ini yaitu agar rambut kemilau. Namun, keratin dapat berkurang seiring dengan pertambahan usia, pola makan, dan gaya hidup tidak sehat. Maka dari itu, dibutuhkan asupan protein untuk keperluan pertumbuhan rambut. Bahan-bahan makanan yang mengandung protein di antaranya kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk sumber protein nabati, dan telur dan ikan untuk sumber protein hewani.

2. Vitamin

Vitamin A, B, C, dan vitamin E merupakan vitamin yang juga berfungsi dalam pertumbuhan rambut. Bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut antara lain nanas, paprika, kentang, buncis, brokoli, gandum, jeruk, dan sebagainya.

3. Lemak

Rambut memerlukan asupan lemak yang baik. Rambut memerlukan asam lemak omega-3 untuk pertumbuhannya. Beberapa bahan makanan seperti salmon, minyak ikan, kedelai, dan telur merupakan bahan makanan yang bagus untuk rambut.

4. Zat besi dan seng

Kekurangan zat besi dan seng dapat menyebabkan rambut rapuh. Bahan makanan seperti daging merah, ikan, ayam, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan rambut.

Itulah beberapa tips Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *