Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua !

By | May 2, 2017
Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua !

Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua !

Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua ! – Anak adalah sebuah anugerah yang tak tergantikan dari sang pencipta, anak adalah masa depan pengganti orang tua karena orang tua wajib mengarahkan dan menuntun anak ke masa depan yang lebih cerah dan baik.

Beberapa presepsi dan pendapat orang bahwa sering mengucapkan pepatah mengenai kelakuan anak dengan orang tua yaitu “Like Father Like Son” yang artinya Tingkah laku ayah mirip dengan anak laiki-laki dan “Like Mother Like Daughter” yang artinya Tingkah laku ibu mirip dengan anaknya perempuan. Jika di peribahasa Indonesia yang berarti “Buah jatuh tidak jauh dari Pohonnya” yang mengartikan bahwa kelakuan anak mirip dengan orang tua.

Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua !

Apa yang menyebabkan kelakuan dan tingkah lakunya mirip dengan orang tuanya ? Semua jawaban akan di ulas di artikel berikut ini mengapa kelakuan anak bisa mirip dengan orang tua. Berikut ini adalah 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua :

1.  Faktor Gen

Seperti yang diketahui setiap sel terdiri dari 46 kromosom yang disusun dalam 23 pasang. Salah satu pasangnya dikenal sebagai kromosom seks, atau kromosom yang menentukan jenis kelamin manusia. Wanita memiliki dua kromosom X dalam satu pasang, dan pria memiliki satu kromosom X, dan satu kromosom Y dalam satu pasang.

Gen dari sel pembuahan sendiri terdapat kromosom dan kromosom inilah yang dapat menentukan jenis kelamin dan gen pada sifat anak (bayi). Jadi baik kromosom maupun gen sama pentingnya dalam penurunan sifat.

2. Perilaku

Percaya atau tidak, perilaku orang tua suatu saat akan ditiru anak, karena hal tersebut sudah termasuk dalam kondisi sosialisasi keluarga. Dari kecil anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.

Dan kemungkinan sosialisasi tersebut akan berkembang mulai dari perilaku, kelakuan bahkan sifat. Negatif atau positif kelakuan atau sifat orang tua mungkin bisa ditiru anak, maka dari itu sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk merawat dan menjaga anaknya dengan baik.

3. Sebagai Pembimbing

Peran orang tua sebenarnya adalah sebagai pembimbing anak, tentunya anak masih berpikiran pendek dan masih belum tau arah menuju ke masa depan yang baik. Sebagai orang tua yang berpengalaman tentunya orang tua tahu mana yang baik untuk anak dan mana yang buruk bagi anak.

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting jika orang tua tidak bisa jadi pembimbing anaknya sendiri, tentunya anak akan menjadi kebingungan dan tak tahu arah yang harus di tuju. Mereka akan lebih memilih dunia yang membuat mereka nyaman (negatif).

Bisa disimpulkan 3 Faktor penyebab terjadinya tingkah laku, kelakuan dan sifat pada anak ditentukan dari orang tuanya namun tidak menutup kemungkinan terdapat faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kelakuan anak.

Terungkap, 3 Alasan Kelakuan Anak Mirip Orang Tua !

Propellerads