5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah

By | May 2, 2017
5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah

5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah

5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah – Banjir di Indonesia tentunya masih banyak disetiap daerah terutama perkotaan seperti; Jakarta, Surabaya, Jambi, Aceh dan sebagai. Pemerintah tidak berhenti-hentinya berupaya untuk menanggulangi bencana banjir. Namun beberapa upaya pemerintah masih belum berhasil untuk menanggulangi banjir.

Maka dari itu kita sangat berperan penting terhadap bencana banjir, karena apa yang berasal dari kita akan berdampak buat kita sendiri. Pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk kita menangani atau mencegah banjir, terutama daerah perkotaan yang penuh dengan sampah berserakan dapat menyumbat aliran air atau limbah air di perkotaan.

5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah Anda

Dengan kondisi hujan yang lebat dapat membuat aliran sungai atau air menjadi meluap dan mungkin dapat mengakibatkan portal air semakin tidak terkendali atau jebol. ccegah banjir dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dapat mengikuti 5 cara mencegah banjir sebagai berikut :

1. Memperhatikan dan Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan sangatlah penting, karena penyumbatan saluran air karena sampah bisa menjadi penyebab utama banjir, mungkin di daerah anda terdapat aliran air atau sungai, lakukan gotong royong bersama warga daerah anda.

Kampung Paling Bersih Sedunia ada di Indonesia

Kampung Paling Bersih Sedunia ada di Indonesia

Sekaligus menjujung adat istiadat orang Indonesia juga dapat memperat persaudaraan antar warga dan membersihkan lingkungan daerah anda.

  • Membersihkan Aliran Air atau Sungai secara Gotong Royong
  • Memotong dahan Pohon yang sudah lebat akan daun
  • Membersihkan area yang terdapat sampah
  • Membuat pengolahan sampah organik agar sampah tidak menjadi sia-sia

4 Cara terbaik itu dapat anda gunakan untuk mengatasi banjir di lingkungan anda, kemungkinan masih banyak cara lain yang mungkin tidak disebutkan dalam 4 cara terbaik tersebut.

2. Membuat Dataran rumah lebih Tinggi

Membuat rumah lebih tinggi dari jalan ketika banjir adalah salah satu cara alternatif jika sudah atau sebelum banjir terjadi, karena banjir akan mengalir dari dataran yang tinggi (jalan) ke dataran rendah jalan yang rendah.

Anda dapat mengatur dalam tahap pembuatan rumah agar lebih tinggi daripada jalan utama anda, namun jika sudah terlanjur membuat rumah anda dapat membuat halaman depan rumah anda menjadi lebih tinggi.

3. Menanam Pohon Disekitar Rumah

Penanam pohon akan juga menghambat banjir, karena semakin banyak resapan air dalam tanah, air hujan tidak menjadi masalah yang dapat mengakibatkan banjir. Anda dapat menanam pohon berbatang besar yang memiliki daya serap yang baik, seperti ; pohon Mangga, Pohon Jambu, Pohon duku dan pohon-pohon lainnnya yang sekiranya dapat menyerap air.

4. Membuat daerah Resapan atau Biopori

Selain cara terbaik mencegah banjir dengan menanam pohon, ada baiknya juga membuat sumur resapan atau biopori, Fungsi sumur resapan yang pasti berguna untuk mencegah banyaknya air akibat hujan lebat dan diserap dalam tanah, begitupun biopori juga berfungsi sama namun beda hanya karena volumenya yang kecil dan dapat menyerap daerah rawan banjir atau genangan air.

Gambar Biopori dan Sumur Resapan

Gambar Biopori dan Sumur Resapan

Manfaat sumur resapan air adalah berguna untuk ;

  • ¬†Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.
  • Mengurangi aliran permukaan¬† sehingga dapat mencegah / mengurangi terjadinya banjir dan genangan air.
  • Mengurangi / menahan intrusi air laut¬† bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai.
  • Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.
  • Mencegah penurunan tanah akibat banjir

 

Seperti yang dikutip Wikipedia Biopori memiliki banyak akan manfaat yaitu dapat memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Biopori digunakan sebagai salah satu arsitektur dalam rumah hijau dan konsep taman dalam lingkungan perkantoran, gedung besar dan sebagainya.

Cara pembuatan biopori cukup mudah, kita dapat membuat lubang di tanah dengan menggunakan bor tanah atau alat bantu lainnya. Diameternya yang anda dapat gunakan ilah sekitar 10 cm dengan panjang kira-kira sebesar 100 cm. Semakin banyak lubang biopori di halaman rumah, kita semakin aman dari bahaya banjir karena dapat diserap dengan baik.

5. Menggunakan Jalan Paving Stone

Kota-kota besar di Indonesia hampir seluruh jalan rawan banjir maupun jalan utama menerapkan penggunaan paving, karena dapat berfungsi sebagai penyerapan akan mengatasi banjir pada setiap jalan atau daerah.

Gambar Pemasangan Paving Depan Rumah

Gambar Pemasangan Paving Depan Rumah

Paving ini dapat menyerap air hujan secara cepat untuk mengatasi hujan yang lebat pada setiap daerah. Selain dapat menyerap air, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan jalan paving cukuplah murah.

Itu adalah 5 Cara Terbaik Mencegah Banjir Masuk Rumah Anda, Silakan anda mencobanya sendiri dan Mencegah Banjir lebih baik sebelum terlambat.

Propellerads